Sabtu, 21 Januari 2012

'Scones and Sensibility'

0

10751129

Judul :Scone and Sensibility

Tahun Terbit : Cetakan I, Maret 2011

Penerbit : Atria

Jumlah Halaman : 298 hal

Kategori :

Harga : Rp. 44.900,-

 

Hidupku seolah berubah setelah membaca buku klasik Pride and Prejudice—yang bahkan telah berulang-ulang kubaca. Aku terbawa suasana yang begitu mendalam di dalam buku tersebut. Aku Polly Madassa, yang masih berumur 12 tahun berencana mengubah kisah cinta kakak ku tersayang, ayah sahabatku tersayang, dan sahabat karibku Mr. Nightquist. Lewat rencana brilianku aku akan mengubah kisah cinta mereka di musim panas ini.

Musim panasku kali ini bertema cinta dirajut. Oh sungguh sangat sibuk musim panasku tahun ini.

 

Berlebihan......

Itulah kesan yang kudapat dari gadis kecil Polly yang suka menghayal. Tapi mengingatkanku juga bahwa aku seperti Polly yang suka berkhayal. Yah harus kuakuai akupun sama seperti Polly yang suka berandai-andai dari buku yang pernah kubaca bahkan film maupun komik yang sudah kubaca. Tapi tentu saja tidak seberlebihan seperti Polly. Apalagi cara Polly bertutur kata yang begitu terbawa suasana masa lalu atau lebih tepat disebut jadul. Aku jadi ingat perkataan calon peminang Polly.

Brad hal 126 ‘Aku lupa kau senang berbicara seperti orang-orang di buku lama itu’

Ajaib memang tingkah Polly ynag tidak sesuai dengan umurnya. Mungkin hal ini bisa disebut kelucuan dari Polly tersendiri. Dari awal kita sudah bisa menebak bagaimana akhir dari kisah Polly, antara berhasil atau tidak dari rencana perjodohan Polly. Aku memang belum membaca buku Pride and Prejudice seperti Polly dan mungkin hal ini juga yang membuatku bisa menyelami bagaimana perasaan Polly. Buku ini juga termasuk buku ringan yang tidak membutuhkan banyak tenaga dalam membacanya. Dan bukan termasuk buku favoritku juga memang, walau ada unsur romance—kesukaannku, tapi tentu saja karena bukan tokoh utama yang mengalami aku agak bosan membaca kisah Polly ini. Walaupun aku menikmati perjalanan Polly dalam proyek perjodohan yang sia rencanakan. Dan membuatku semangat juga karena memang ada sedikit bagian yang khusus dibuat untuk Polly. Dan rumah Polly yang memang merangkap sebagai toko roti dan selalu menyuguhkan roti-roti yang baru saja keluar oven, membuatku iri pada Polly—tentu saja impianku memakan roti fresh from the oven :D Dan kesan yang kudapat adalah bahwa kita tidak boleh mencampuri urusan orang lain dengan godaan sebesar apapun :)

Dalam terjemahan pun ada yang membuatku kurang sreg, seperti perlu adanya penambahan kata hubung ‘yang’ dan ‘dengan’ dibeberapa kalimat yang aku temui, typo dalam penulisan memang tidak terlalu mengganggu—memang. Satu hal lagi yang aku sesali tentang cetakan yang kudapat, tulisannya terlalu tipis tidak tebal seperti biasanya. Hal ini mau tak mau membuat mataku yang memang sudah rusak semakin membuatku tidak nyaman saat membaca buku ini. Secara keseluruhan buku ini bisa dibaca dengan santai dan saat kita ingin membaca buku yang   ringan, habis sekali baca :)

Untuk Polly yang manis aku kasih nilai 3,5 :)

Quotes yang kusukai :)

Polly Hal 55

‘Perpisahan sungguh penderitaan yang manis’

 

Polly Hal 94

‘Karena perempuan baik-baik selalu menjaga sikap, bahkan di hadapan seseorang yang tak pantas mendapatkannya’

 

Mr. Nightquist Hal 275

‘Tapi cinta bukan buku, iya kan?’

 

Tentang Penulis

Photo-9-300x225

'I was born in Cincinnati, grew up in various towns in Pennsylvania, went to college in Oklahoma, and found home in Breckenridge, Colorado. I love to write, read, hike, drink espresso, and attempt to keep my plants alive. I am a laugher and a dreamer. Mix all these together and you get me–a lucky writer of middle grade fiction. I am agented by the amazing Rebecca Sherman of Writers House. I am married to a man with a smile so wide it makes his eyes water and take on the shape of half moons. Together we have four kids who make every day an adventure in love, in laughter, in mystery, and in wonder.'

Diambil dari Website Pribadi Penulis

 

Ini nih penampakan Buku Pride and Prejudice yang sangat disukai Polly yang ternyata disini telah diterbitkan oleh Penerbit Bukune

Pride_and_prejud_4e352898ccbff

 

Dan di bawah ini penampakan cover asli dari buku Scones and Sensibility :)

Eland_scones
(cover aslinya lebih rame dan lucu tapi
aku lebih suka yang dari penerbit atria karena tentu saja aku suka warna biru :)

 

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan segan buat ngasih komen ya :)

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com