Kamis, 28 Juni 2012

'Wandeuk'

0

Tumblr_m5cvpa3tjg1qhwo89o1_1280
Judul : Wandeuk
Pengarang : Kim Rye-ryeong
Penerjemah : Seini Intanalia Zalukhu
Tahun Terbit : Cetakan I, 2012
Penerbit : Bentang Belia (PT Bentang Pustaka)
Jumlah Halaman : 254 hal
Kategori : Fantasi, Romance, Remaja
Harga : Rp. 46.000,-
ISBN : 978-602-9397-24-6
Bisa dibeli di bukupediacom

Seberapa banyak, sih, persembahan yang sudah diberi Ddongju? Nanti juga aku akan memberi sama banyaknya. Karena itu, tolong bunuhlah Ddongju. Kalau dalam minggu ini dia belum mati, aku akan datang lagi. Dalam nama Bapa yang Mahakudus dan Mulia aku telah berdoa. Amin.
Di gereja itulah aku berkali-kali datang dan mengucap doa agar Tuhan segera membunuh Ddongju yang dengan tiba-tiba—seperti parasit—yang tidak mau lepas dariku. Tetapi serajin apapun aku berdoa, Tuhan tidak mau mendengarkan. Ddongju malah selalu ada baik di gereja, di sekolah, bahkan di rumahku sekalipun. Entah apa sebenarnya apa yang dia mau.
Hingga suatu hari dia berkata ‘Ibumu, ternyata orang Vietnam, ya?” Aku yang selama 17tahun hidup dengan Ayahku tidak pernah sekalipun tahu tentang Ibuku, kenapa pula dia yang lebih tahu?
Aku harus lebih rajin berdoa di gereja agar doaku cepat dikabulkan. Ddongju benar-benar selalu membawa masalah untukku.
Tapi dari Ddongju lah aku bisa bertemu Ibuku, mengenal lebih dekat sosok Juara I—Jeong Yoonha. Dan menemukan hal yang benar-benar aku sukai dan kuasai—bukan menulis novel—dalam hidupku ini, Kickboxing.

Suka, walau bukan menjadi favorit.
Membaca novel ini cukup membuatku terhibur juga, walau awalnya aku sama sekali belum menangkap isi cerita sampai mencapai halaman 100, wow cukup aneh juga kan padahal novel ini cukup tipis cuma 200halaman. Pikirku kenapa pula ceritanya begitu lambat. Tapi cerita mulai ada titik penerangan ketika Wandeuk dekat dengan Jeong Yoonha. Aku yang suka hal-hal yang bebrbau romantis otomatis langsung semangat begitu unsur roman dalam novel ini muncul. Walau memang sama sekali tidak ada hal yang romatis sekali tentang hubungan Wandeuk dan Yoonha, tapi hubungan ‘aneh’ mereka malah terasa menarik dan aku malah berpikir ‘ih meraka berdua manis sekali sih’ hehe
Karena buku ini buku tentang remaja SMA maka tema yang diangkat pun memang cukup ringan dan sekaligus berat karena menyangkut tentang masalah penyandang cacat dan isu pernikahan antar negara.
Ayah Wandeuk yang mempunyai tubuh pendek dan pamannya yang mempunyai keterbelakangan mental, tak elak membuat Wandeuk jadi bahan olok-olokan dan membuat emosi Wandeuk memuncak dan hal ini lah yang membuat Wandeuk dicap sebagai preman—gara-gara suka berkelahi. Alhasil Wandeuk menjadi pribadi yang tertutup dan tidak mempunyai teman.
Kehadiran Ddongju—wali kelas Wandeuk—merubah hidup Wandeuk dengan cara unik Ddongju. Menurutku aslinya Wandeuk ini anaknya baik dan penurut, hal ini terbukti walau kesal setengah mati dengan Ddongju, tapi Wandeuk sendiri selalu menuruti Ddongju—walau secara terpaksa. Wandeuk yang sebenarnya kesepian—karena ayahnya bekerja terus—merasa terhibur dengan sifat berisik Ddongju. Kisah semakin seru ketika Wandeuk memulai belajar Kickboxing—aku juga jadi tahu sedikit istilah Kickboxing—dan mengenal sisi lain Ayahnya setelah bertemu Ibunya—yang awalnya dia tolak.
Secara keseluruhan novel ini cukup membuatku terhibur. Walau jujur terjemahannnya bikin aku meringis, kenapa begitu? Apa terjemhannya begitu buruk? Tidak sebenarnya. Hanya saja karena novel ini ditujukan untuk pembaca remaja jadi terjemahan yang dipakai oleh sang penerjemah adalah bahasa non baku. Aku kurang sreg sekali begitu membaca kata ‘enggak’ yang menurutku lebih baik memakai kata ‘tidak’ yah karena sudah terlanjur terjemahannya seperti itu aku nikmatin saja sih. Apa gara-gara faktor umur juga nih? Hehe :b
Soal typo, selama membaca aku sama sekali tidak menemukannya. Aku tidak begitu menyadarinya mungkin karena aku begitu menikmati cerita dalam novel ini. Cerita yang paling berkesan bagiku adalah ketika Wandeuk diberi tahu Ibunya bahwa makanan kesukaan Ayahnya adalah ayam tua—ayam yang mati sendiri karena sudah tua. Selama ini Wandeuk tidak pernah tahu kalau daging yang keras adalah kesukaan Ayahnya sampai-sampai dia mengira karena saking miskinnya Ayahnya tidak bisa membeli daging ayam yang enak. Aku juga jadi tahu alasan Islam tidak memperbolehkan makan daging ayam tiren karena selain membawa banyak penyakit toh rasanya pun tidak enak. Sedikit melenceng memang dari isi cerita :).
Seperti biasa tokoh yag aku sukai—tentu saja—adalah Wandeuk. Selain Wandeuk aku suka dengan cara aneh yang dilakukan Yoonha untuk mendekati Wandeuk yang keras hatinya hehe.
Siapa yang boleh membaca novel ini? Semua orang boleh membaca novel ini walau novel ini bergenre remaja yang sedang mencari jati dir. Tidak ada salahnya membaca novel ini untuk yang ingin tahu arti keluarga kecil yang—ingin—bahagia dengan caranya sendiri.
Untuk Wandeuk yang suka menyendiri aku kasih nilai 3,5 :)

 Quotes yang aku sukai
Ddongju Hal 06
‘Dasar anak ini, miskin, kan, tidak memalukan, lebih malu lagi kalau sampai mati kelaparan.’
Jeong Yoonha Hal 96
‘Di
bandingkan membuktikan hal yang benar, lebih sulit membuktikan hal yang yang engga benar.’
Wandeuk Hal 248
‘Wanita dan ponsel memang dua hal yang enggak bisa dipisahkan’

Tentang Penulis
Kim Rye-ryeong lahir di Seoul pada 1971. Karya lulusan Creative Writing, Seoul Institue of the Art ini telah mendapat beberapa penghargaan. Salah satunya, Wandeuk yang mendapat pengharagaan Changbi Prize untuk Young Adult Fiction 2007. Selain bestseller  di Korea, Wandeuk  juga dinobatkan sebagai novel terbaik tahun ini di salah satu polling online dan sukses difilmkan dengan judul Punch pada tahun 2011.

Lainnya
Novel ini sudah diadaptasi kedalam film yang berjudul Punch, berikut cover filmnya
220px-punch_2011_film_poster
Photo204113
Punch-02
Yoo Ah In as Wandeuk
Wandeukee5
Kang Byul as Jeong Yun-ha

301003_261471277219470_1572254879_a
Cover aslinya nih, menurutku yang kurang menarik tapi sangat menggambarkan isinya. Walau aku lebih menyukai cover dari Bentang Belia gara-gara Yoo Ah In Oppa hehe. Selain itu pembatas bukunya lucu :D Berikut penampakannya akang Yoo Ah In versi chibi :D
Dsc09749


0 komentar:

Posting Komentar

Jangan segan buat ngasih komen ya :)

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com