Selasa, 29 Januari 2013

'Seoul Cinderella'

1

Foto0348
Judul : Seoul Cinderella (Edisi Revisi dengan Penerbit yang Berbeda)
Pengarang : Lia Indra Andriana
Penerbit : Penerbit Haru
Halaman : 224 Halaman
Tahun Terbit : Cetakan I, September 2012
Kategori : Fiksi, Romance
Harga : Rp. 35.000,-
ISBN : 978-602-98325-8-7
Bisa dibeli di bukupediacom

Nia bermaksud mengadu nasib di negeri Korea dengan menjadi seorang TKI sayangnya hal itu tidak semudah apa yang dibayangkan Nia. Setelah sebulan tinggal di Korea tanpa pekerjaan yang jelas dikarenakan lembaga penyalur pekerjaannya di Korea terkena musibah Nia akhirnya mendapat pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga di rumah keluarga Lee Yu Hwa.
Masalah terjadi ketika sang Nyonya menyuruh Nia untuk tinggal bersama sang Lee Hyun Jun—adik majikan Nia—untuk membantu segala kebutuhannya. Walau Nia mengaku pandai memasak kenyataan Nia sama sekali tidak  memasak. Dimulailah adu argumen antara mereka berdua yang sama-sama keras kepala, sampai kemudian Nia mendapat kabar buruk tentang keluarganya yang di Indonesia dari temannya.

Bisa dibilang saya kecewa dengan isi cerita buku ini. Bukan karena lagi-lagi berbau korea atau alasan apapun yang melanda kebosanan saya. Saya lumayan berharap banyak pada buku ini secara buku ini adalah novel teranyar dari salah satu penulis populer tentang novel berbau Korea. Dan baru kutahu ternyata novel ini edisi revisi dari debut penulis. Pikirku mungkin karna karya debut jadi ya wajar deh lumayan banyak yang bikin ga sreg dihati. Berbicara mengenai novel debut buku ini juga menjadi karya utuh yang aku baca dari penulis. Apa yg bikin aku kecewa? Padahal menurutku pribadi tema yang diangkat penulis cukup unik dengan tokoh utama seorang TKI yang terdampar di Korea dan dengan beruntungnya dapat majikan baik dengan sedikit akal muslihat tokoh utamanya. Cerita mengalir sampai pada pertemuan Nia dengan adik sang majikan di sebuah restoran. Walaupun tahu kelemahan Nia yang tidak memasak, Hyun Jun dengan sangat sabar menerima ketidakbisaan mia yang harusnya dimiliki dalam pekerjaannya. Gaya bercerita yang kaku menurutku kurang enak dibaca dan terkadang aku menemukan kalimat-kalimat rancu. Dan bagian-bagian yang harusnya lucu yang ada dalam pikiranku malah joke-joke garing dan malah bikin aku ngomong ‘Huh, lucu gt?’.
Untuk alur tempat sudah pasti di Seoul dong sesuai judulnya. Ga begitu detail menggambarkan kota Seoul karena fokus di apartemen Hyun Jun. Ya saya sih ga terlalu masalah, karna saya lebih suka fokus kecerita daripada mikirin detail lokasi yg malah bikin bosen. Untuk hubungan Nia dan Hyun Jun juga chemistry-nya terasa kabur ga jelas tiba-tiba hati mereka uda konek aja tanpa ada proses yang detail dan minimnya adegan-adegan manis mereka berdua. Satu lagi yang terasa janggal adalah ending yang hanya seperti itu yg diberikan penulis. Tanpa banyak konflik selesai begitu saja. Memang sih maksud yang coba Penulis sampaikan tersampaikan di endingnya bahwa memaafkan adalah segalanya. Cuma kenapa hanya seperti itu? Mengharap lebih memang >,<. Tapi untuk sekedar bacaan ringan dan sekali baca dan tanpa perlu mikir buku ini dirasa cocok untuk dibaca siapapun.
Apa karena novel ini saya jadi kapok baca novel lain dari Penulis? Nope, sama sekali tidak. Bagaimanapun juga saya masih penasaran novel seoulmate the series yang uda ditulis oleh Penulis sebelumnya! Tertarik karna covernya lucu banget dan banyak review yang bilang isinya juga lucu. Walau istilah dont judge a book by a cover tapi saya ini termasuk tipe yang suka cover-cover unyu! x)))
Novel ini juga covernya unyu-unyu banget, bikin gemes. Pas nyobek plastik buku ini ga henti-hentinya saya belai-belai sampai akhirnya harus merelakannya untuk segera disampul! xD Dan berita buruk ataupun baik karna cover Penerbit Haru dominan unyu-unyu malah jd pengen koleksi smua novel terbitan Haru ahahaha XD
Untuk cinderella Hyun Jun aku kasi nilai 2 :)

Tentang Penulis
Member_10513513
sumber : disini
Lahir di Ponorogo pada 18 Desember 1986 dan menyelesaikan pendidikan terakhirnya di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga pada tahun 2004-2009. Selama ini sudah membuat novel lebih dari 10 buah diantaranya semenjak memulai debutnya di tahun 2006. Diantaranya adalah Sven, Marrying Aids, SeoulMate Series, Khokkiri, Oppa & I series (ditulis bersama Orizuka), SeoulVivor (ditulis bersama Tatz), Bubble Love (ditulis bersama Fei), (Not) Alone In Otherland (ditulis bersama Fei dan Andry Setiawan), My Cousin is Gay, Pretend tobe Nice, Benang Jodoh, The Secret, Dentistory, Ga Gi Gu Gigi, Gokilboy/Gokilgirl (ditulis bersama Andikobe).
Kecintaanya akan budaya Korea muncul sejak Lia menonton drama serial Korea berjudul MyGirl pada tahun 2004. Sejak itu Lia mulai serius mempelajari budaya Korea, termasuk bahasanya. SeoulMate sendiri merupakan novel Lia bersetting Korea yang ketiga, setelah Seoul Cinderella dan Marrying Aids.
Di kesehariannya, Lia aktif membagi pengetahuannya akan budaya Korea, terlebih bahasanya, melalui situs jejaring sosial dengan teman-teman lain yang juga tertarik akan budaya Korea. Lia mendeskripsikan dirinya sebagai seorang pemimpi, dan memiliki daya imajinasi yang tinggi…
Facebook: Lia Indra Andriana
Facebook grup: Novel Lia Indra Andriana
twitter: @sayaquavi
(sumber goodreads author & halaman belakang buku)
Cover edisi sebelumnya yang menurutku kurang unyu, tapi cowonya guanteng x)
Cvr20100903015857
sumber : disini

1 komentar:

Jangan segan buat ngasih komen ya :)

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com