Minggu, 17 Maret 2013

'SeoulMate'

3




Judul : SeoulMate
Pengarang : Lia Indra Andriana
Penerbit : Penerbit Haru
Halaman : 300 Halaman
Tahun Terbit : Cetakan I, Januari 2011
Kategori : Fiksi, Romance
Harga : Rp. 45.000,-
ISBN : 978-602-98325-0-1
Bisa dibeli di bukupediacom

seoulMate adalah buku yang dua tahun terakhir ini ingin sekali aku baca dan baru kesampaian saat ini. Bermula kabar dari sang penulis sendiri dan jatuh cinta ketika melihat buku fisiknya di Gramedia. Ok, aku jujur kalau aku tertarik dengan buku ini karena covernya yang super unyu, apalagi dengan cewek berponi yang cemberut sambil berkacak pinggang dan berpipi gembul yang mengintimidasi banget untuk aku cubit. Jadilah aku ingin sekali membaca buku ini.
Untuk ide cerita sendiri menurutku sudah banyak beredar, arwah gentayangan yang lama-lama bakal jatuh cinta dengan tokoh utamanya. Hanya saja seoulMate mempunyai keunikan sendiri dalam konsep arwah gentayangan atau hantu. Di dalam seoulMate ada dua pasangan yang akan dijodohkan yaitu manusia dan hantu yang nantinya akan bekerja sama dalam tugas dan juga untuk menjaga keeksistensian hantu tersebut. seperti pada umumnya konsep hantu masih sama yaitu tidak bisa melanjutkan ke alam sana dan masih ada urusan yang tertinggal menjadikan sang arwah menjadi hantu. Nah inilah tugas seoulMate, mengorganisir hantu-hantu yang gentayangan sehingga lebih berguna daripada menakut-nakuti manusia apalagi sampai memakan habis jiwa manusia. Seperti Siwon bilang hantu pada dasarnya makhluk vegetarian alias tidak memakan manusia. Entah kenapa istilah vegetarian bikin aku ngakak xD. Oia Siwon adalah penggagas ide seoulMate. Apa itu seoulMate?
seoulMate sendiri lebih ke plesetan dari soul= hantu dan mate= orang yang mempunyai kemampuan melihat hantu. Di sinilah Kim Sun berada, Siwon yang kekurangan mate mengajak Sun untuk bergabung dalam kelompoknya. Tentu saja Sun menolak keras karena dia benci dengan kekuatannya yang bisa merasai soul. Dengan iming akan bertemu Dong—seseorang di masa lalu Sun—akhirnya Sun mau bergabung dan menjalani semua tugas yang diberikan atau yang disebut proposal dari klien.
Oleh Siwon, Sun dipasangkan dengan hantu baru yang sialnya tidak bisa mengingat kehidupan sebelumnya dan menamai dirinya Jang karena merasa dirinya mirip Jang Geun Seouk xD. Maka dimulailah hari-hari Sun dengan Jang yang super cerewet meminta bantuan Sun untuk segera menemukan asal-usulnya.
Ok, di awal-awal aku menikmati setiap cerita yang ada, walaupun banyaknya penjelasan mengenai seoulMate aku tidak merasa bosan karena konsep yang diberikan penulis sangat unik dengan segala pembeberan kehidupan seoulMate. Namun entah kenapa setelah berjalan beberapa bab aku mulai merasa bosan, interaksi Sun dan Jang yang walaupun suka sekali cek-cok terasa kabur dan sama sekali tidak ada chemstry antara mereka berdua dan tiba-tiba saja satu sama lain menyadari perasaan mereka. Tapi menjelang akhir aku malah suka banget karena semua itu adalah awal yang baru dari mereka berdua. Makanya saat ini saya ga sabar ingin sekali membaca buku keduanya.
Aku benci dengan Sun, setiap kali bicara kata-kata kasar yang selalu keluar dari mulutnya. Rasa-rasanya pingin aku sumpal tuh mulut biar tidak teriak-teriak mulu xD. Nah penulis berhasil banget dalam membuat karakter Sun ini, terbukti dengan reaksiku ini x). Namun jarang sekali adegan-adegan manis antara Sun dan Jang yang membuatku kurang menyukai cerita di buku ini. Dan aku jadi bertanya-tanya kenapa ya penulis Indonesia suka sekali menyebut-nyebut Korama Winter Sonata? Ok lah Korama itu memang terkenal tapi aku yang kebetulan tidak menyukai Korama Winter Sonata jadi bosan dan gagal paham mengenai cerita keindahan Nami Island kerena lagi dan lagi selalu dikaitkan dengan Winter Sonata. Ok, ini masalah super pribadi x).
Overall, aku cukup menyukai buku ini walau tidak ada kesan yang cukup mendalam. Buku ini cocok sekali dibaca untuk kamu yang ingin tahu cerita tentang hantu tapi berlatar Korea.
Untuk Sun yang super berisik aku kasih nilai 3 :)

3 komentar:

  1. Winter Sonata itu bagus loh.. Setting nya keren. *salahfokus*

    Jadi pengen cari pinjeman buku SeoulMate ini. Kayaknya seru.
    Etapi, saya heran. Kenapa penulis Indonesia banyak yang mule demen nulis cerita bersetting Korea yak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya begitulah diputer brapa x pun d tv lokal ga perna trtarik xD
      Karna seting'a itu lah Korea makin terkenal :D
      Orang Indo emang suka latah,klo lg laris'a ttg Korea ya pasti samaan mulu tema'a,klo uda reda pasti brubah lg,jd inget dulu acara tv lokal hidayah -_-

      Hapus
  2. Jadi pengen baca ini kak yuki :) hihi

    BalasHapus

Jangan segan buat ngasih komen ya :)

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com