Sabtu, 30 April 2016

[Review] Legend

0



Judul : Legend (Legend #1)
Pengarang : Marie Lu
Penerjemah : Lelita Primadani
Tahun Terbit : Cetakan I, November 2012
Penerbit : Mizan Fantasi
Jumlah Halaman : 382 hal
Kategori : Remaja, Romance, Young Adult, Fantasi, Sci-Fic
Harga : Rp. 55.000,-
ISBN : 978-979-433-724-0
Rating : 3/5


            Day adalah remaja yang dianggap mati oleh Republik dan keluarganya. Selama 5 tahun Day selalu hidup di jalanan dan menyokong keluarganya secara sembunyi-sembunyi. Day selalu khawatir salah satu keluarganya akan divonis Republik terjangkit wabah. Hingga kenyataan pahit, adiknya Eden. Day berjanji pada kakaknya John untuk membawa obat untuk Eden. Day berusaha untuk mendapatkan obat untuk adiknya dengan mencuri di Rumah Sakit Pusat Los Angels. Day yang tidak berhasil mendapat obat untuk adiknya terluka parah ketika berhasil kabur dari kejaran para tentara.
            June adalah remaja jenius yang mempunyai kehidupan bertolak belakang dengan Day. June hidup berkecukupan dan mendapat pendidikan layak demi menjadi tentara Republik. June mendedikasikan hidupnya untuk menjadi warga Republik yang baik. Hingga kabar kematian kakaknya, Metias, menghancurka hidup June. Saat ini yang ada di pikiran June adalah membalas dendam. June diberi tahu yang membunuh kakaknya adalah Day. Remaja pembuat onar yang gencar dicari oleh Republik. June bersedia membantu untuk menangkap Day. Namun, kenyataan pahit didapat June ketika berhasil menangkap Day. June pun dilanda keraguan ketika mengenal Day lebih dekat. Loyalitas June pada Republik tergoyahkan. Dan, benarkah Day yang membunuh Metias?

*************

            Sejujurnya membaca buku ini bukan sesuatu hal yang menyenangkan bagi saya. Cerita di awal buku ini begitu membosankan sampai-sampai membuat saya mengantuk. Jadi, harus sabar membaca buku ini karena keseruan baru terjadi ketika mendekati akhir cerita buku satu ini.
            Buku ini mengambil setting masa depan. Di mana negara di dunia Legend hanya tinggal Amerika saja, itu pun tidak sepenuhnya karena Negara Amerika dipecah menjadi 2 menjadi Republik dan Koloni. Dunia Legend bukan dunia yang damai, karena Republik dan Koloni saling berperang demi memperluas daerah kekuasaan masing-masing negara.
            June dan Day hidup di masa di mana anak-anak sekolah untuk menjadi tentara dan berperang melawan Koloni. Hanya saja Day yang miskin tidak bisa menikmati kenyamanan hidup seperti June yang terlahir di keluarga yang kaya. June si jeniu dan Day si pembuat onar. Keduanya selalu bertolak belakang. Takdir yang kelam pun mempertemukan mereka berdua.
            Yah, seperti yang saya bilang cerita awal dunia Legend ini sangat membosankan. Hanya berkisah tentang rutinitas June dan Day. Dan perkenalan masing-masing tokoh. Penggunaan pov bergantian antara June dan Day pun seharusnya membuat cerita semakin menarik karena masing-masing pikiran tokoh tergambar dengan jelas. Sayangnya, buku ini kurang aksi antara kedua tokoh. Makanya memang agak membosankan sih membaca novel Legend ini.
            Tokoh yang sangat saya sukai selain June adalah Metias. Ya ampun, kok ya begitu flashback-flashback tentang Metias muncul saya punya pikiran kayaknya buku ini bakalan seru. Habisnya, duo Metias dan June ini pasti duo yang nggak akan terkalahkan. Pasangan jenius, gitu. Pastinya petualangan June akan semakin menarik. Sayangnya, penulis memilih kematian Metias sebagai awal petualangan June. Ah, Metias cepet banget sih kamu dimatikan oleh penulis. xD
            Saya membeli buku ini dengan harga super murah. Pastinya saya bahagia banget bisa mendapatkan buku bagus dengan harga murah. Walau kover buku ini super nggak banget, yang penting saya dapat buku bagus dengan harga murah! xD
            Selama ini saya jarang membaca buku fantasi Mizan, saya sempat syok ketika tahu Mizan mulai menggunakan kertas koran sebagai pilihan untuk novel fantasinya. Saya sempat mengira mendapat buku bajakan karena setahu saya Mizan suka sekali memakai kertas kuning. Well, nggak jadi masalah lah yang penting original dan harganya murah. xD
           


Legend series :
1.      Legend (Legend #1)
2.      Prodigy (Legend #2)
3.      Champion (Legend #3)

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan segan buat ngasih komen ya :)

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com