Kamis, 30 Juni 2016

[Review] Ally—All These Lives

0




Judul : Ally—All These Lives
Pengarang : Arleen A.
Tahun Terbit : Cetakan I, Januari 2015
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 264 hal
Kategori : Romance, Novel dewasa,
Harga : Rp. 59.000,-
ISBN : 978-602-03-0884-5
Rating : 3/5


            Apa yang akan kaulakukan jika satu menit yang lalu kau anak tunggal orangtuamu, lalu satu menit kemudian ada seseorang yang muncul entah dari mana dan duduk di sampingmu mengaku sebagai adikmu? Apa yang akan kaulakukan jika menemukan foto di meja, menampilkan dirimu dan seseorang yang belum pernah kaulihat? Apa yang akan kaulakukan jika kau pulang ke rumah dan menemukan bahwa di dalam rumah itu sudah ada dirimu yang lain?
            Kehidupan Ally memang bukan kehidupan biasa. Kerap kali ia mendapati dirinya ditempatkan  dalam kehidupan yang seolah miliknya, tapi ternyata bukan. Dan tiba-tiba kata “pulang” punya makna yang baru. Apakah Ally akan memiliki kesempatan untuk “pulang”? Akankah ia bisa kembali pada cinta yang ditinggalkannya di kehidupannya yang lain?
            Ini bukan kisah biasa. Ini kisah yang akan membuatmu berpikir kembali tentang arti hidup dan arti cinta yang sebenarnya.

********

            Sejak terakhir kali membaca sampel 2 bab buku ini setahun yang lalu, sebenarnya saya sudah dibuat penasaran akan bagaimana nasih Ally yang bisa berpindah dimensi. Saya kadung penasaran dan merasa menemukan lagi novel fantasi keren dalam negeri setelah novel Bumi karangan Tere Liye. Saat tahu novel ini ada di iJak benak saya sudah membayangkan petualangan seru Ally di dunia parallel.
            Ally adalah anak tunggal. Dia adalah satu-satunya anak yang dimiliki kedua orangtuanya. Begitu mendapati bahwa dia mempunyai adik laki-laki, Ally sama sekali tidak mempunyai memori kapan dirinya punya adik. Lalu tiba-tiba saja Ally disadarkan kembali bahwa adiknya itu sudah meninggal. Ally semakin merasa bahwa ada yang tidak beres dalam dirinya. Mengapa dirinya tidak ingat bahwa Albert telah meninggal karena kecelakaan?
            Itulah sepenggal 2 bab terakhir yang saya baca. Saya super penasaran dengan segala penjelasan yang akan dipaparkan oleh penulis. Dan menanti hal-hal seru yang akan terjadi. Sayangnya, ekspektasi saya terlalu besar. Sungguh, saya tidak tahu kalau novel ini adalah novel romans dewasa. Saya pikir saya akan mendapati novel genre fantasi yong adult dengan petualangan seru. Ah, hancur sudah harapan saya.
            Tiap bab saya baca dan berakhir dengan kekecewaan. Padahal di awal alur begitu cepat. Setelah 2 bab tiba-tiba banyak penjelasan yang membuat saya bingung dan bosan. Semuanya hanya menceritakan kegalauan Ally. Jelas, kalau jadi saya pun akan galau dan bertanya-tanya apa yang terjadi dalam diri saya. Hanya saja entahlah saya capek bacanya. Kelewat membosankan. Pertemuan Ally dengan seorang Profesor pun rasanya hanya tempelan saja. Apa lagi tiba-tiba Ally ingin menenangkan diri pergi ke India menemui seorang Guru.
            Pada akhirnya semua itu saling berhubungan. Tapi karena penulis terlalu bertele-tele dalam menceritakannya, pembaca yang tidak sabar akan menjadi bosan. Saya sih kepenginnya Ally langsung saja bertemu Kevin dan James. Karena memang intinya ada di situ. Perubahan hidup Ally sangat terasa ketika bertemu Kevin dan James.
            Saya sangat menyukai ketika Ally mampir di kehidupan James. Hidup Ally berasa stabil dan sempat melupakan fakta bahwa dirinya bisa berpindah-pindah dimensi. Fakta bahwa di dunia ini ada banyak Ally.
            Menurutku ide cerita buku ini sangat keren. Tentang dunia parallel. Hanya eksekusinya kurang. Saya kurang setuju hanya bagian kehidupan cinta Ally saja yang dieksplor. Sedang bagian dunia parallelnya seakan tempelan saja. Dan akhir yang dipilih untuk kehidupan Ally walau terasa pas dan manis tapi kurang memuaskan. Lagi-lagi karena bagain dunia parallel seakan dilupakan.
            Overall, saya cukup menikmati kisah kehidupan Ally. Buku ini saya rekomendasikan untuk para pecinta novel romance dengan bumbu-bumbu fantasi. Selamat membaca.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan segan buat ngasih komen ya :)

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com