Kamis, 30 Juni 2016

[Review] Bumi

0



Judul : Bumi
Pengarang : Tere Liye
Tahun Terbit : Cetakan I, Januari 2014
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 440 hal
Kategori : Young Adult, Fantasi, Petualangan
Harga : Rp. 88.000,-
ISBN : 978-602-03-0112-9
Rating : 4/5


            Namaku Raib, usiaku 15 tahun, kelas sepuluh. Aku anak perempuan seperti kalian, adik-adik kalian, tetangga kalian. Aku punya dua kucing, namanya si Putih dan si Hitam. Mama dan papaku menyenangkan. Guru-guru di sekolahku seru. Teman-temanku baik dan kompak.Aku sama seperti remaja kebanyakan, kecuali satu hal. Sesuatu yang kusimpan sendiri sejak kecil. Sesuatu yang menakjubkan.Namaku, Raib. Dan aku bisa menghilang.
Buku pertama dari serial “BUMI”

********
Seperti yang sudah saya ceritakan di review Bulan di sini saya belum selesai menamatkan seri pertama novel Bumi. Hingga akhirnya saya tidak sengaja menemukan novel ini di iJak. Saya sangat senang dan langsung saja mengantri untuk mendapatkan novel ini.
Dari awal cerita ini di posting di fb penulis, saya langsung jatuh cinta dan semakin takjub dengan penulis yang jago membuat cerita dalam genre apa pun. Serius. Walau mungkin cerita seri Bumi ini bukan novel fantasi yang super wow tapi bagi saya penulis sangat keren bisa membuat cerita sekeren seri Bumi ini.
Saya selalu menyukai tulisan penulis. Gaya cerita yang santai dan banyak pesan moral yang bertebaran di tiap kalimat, membuat novel yang ditulis Tere Liye selalu kaya. Dan, entah saya sok tahu atau apa, ketika saya membaca novel-novel yang dibuat penulis dalam tiap kalimatnya selalu ada ciri khas Tere Liye. Saya selalu teriak, kalimat ini nih yang Tere Liye banget!
            Bumi adalah buku pertama. Karena buku pertama buku ini berisi perkenalan tokoh-tokohnya. Yang bikin saya kesel dan takjub adalah pemilihan nama tokoh utamanya. Tere Liye memilih nama Raib. Nama yang aneh sebenernya. Sangat tidak khas remaja. Untungnya tertolong ketika tiap dialog Raib selalu dipanggil dengan sebutan Ra. Terdengar seperti nama yang cukup umum, kan? Tambah nyleneh lagi ketika Ra punya kemampuan bisa menghilang. Pemilihan nama yang nyebelin, kan? xD
            Membaca novel Tere Liye tidak pernah membuat saya bosan. Perkenalan awal dengan tokoh Ra sangat saya sukai. Dan kemunculan Selli dan Ali menambah komplit petualangan yang akan dilalui Ra. Masih banyak misteri dalam buku ini. Banyak yang masih belum diceritakan secara mendetail oleh penulis. Makanya banyak yang menanti petualangan Ra, Selli, dan Ali akan bagaimana lagi.
            Saya selalu menyukai celetukan-celetukan dan pikiran nyleneh Ra. Hal ini juga yang membuat novel ini tidak membosankan. Kejeniusan Ali yang selalu membuat saya melongo dan mendapatkan ilmu baru pun sangat saya dinikmati. Dan, diam-diam saya menjodohkan Ra dengan Ali. Serius, novel ini kering banget dengan hal-hal yang berbau romantis. Wajar bila saya yang pencinta romance kehausan. Khas Tere Liye juga sih yang nggak bakalan membuat cerita cinta yang menye-menye. Walau saya kepengin baca juga. Lol
            Yang paling saya benci dari novel ini sebenarnya adalah kovernya. Sungguh sangat aneh menurutku. Dan, sangat tidak khas novel fantasi dan remaja. Bersyukur banget karena akhirnya GPU mau menerbitkan ulang novel ini dengan kover baru yang lebih kece. Walau saya kasihan juga sih yang sudah tanggung beli buku 1 dan 2 novel ini pas di buku ke-3 kover bukunya berubah. Bisnis banget kan supaya pembaca beli lagi. xD
Bagi yang ingin membaca novel fantasi tulisan Tere Liye novel ini sangat saya rekomendasikan. Walau ini adalah genre baru penulis, kepiawaian tulisan Tere Liye tidak diragukan lagi. Selamat membaca.


Seri Bumi :
  1. Bumi
  2. Bulan
  3. Matahari
  4. Bintang

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan segan buat ngasih komen ya :)

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com