Kamis, 30 Juni 2016

[Review] Eleanor & Park

0


Judul : Eleanor & Park
Pengarang : Rainbow Rowell
Penerjemah : Prisca Primasari
Tahun Terbit : Cetakan Baru, April 2016
Penerbit : Fantasious
Jumlah Halaman : 602 hal
Kategori : Young Adult
Harga : Rp. 99.000,-
ISBN : 978-602-6922-11-3
Rating : 3/5


           
“Aku jatuh cinta seperti ketika kau jatuh tertidur. Perlahan-lahan lalu terjadi begitu saja.”
Park pikir hal yang menyenangkan yang bisa dilakukannya di dalam bus sekolah adalah mendengarkan The Smiths lewat headphone-nya atau membaca X-Men. Sampai ketika anak baru itu naik ke bus. Rambut gadis itu gila-gilaan, merah terang dan sangat keriting. Dia berpakaian seolah dia ingin orang-orang melihatnya. Kemeja pria kotak-kotak, dengan setengah lusin kalung aneh di leher, dan syal-syal yang digelangkan di tangan.Anak Asia aneh. Eleanor cukup yakin anak itu orang Asia. Meskipun begitu, sulit memastikan Asia mana tepatnya. Mata anak itu berwarna hijau. Dan kulitnya bagaikan warna sinar matahari yang menembus lelehan madu.

**********

            Eleanor & Park adalah novel kedua dari Rainbow Rowell yang sudah saya baca. Setelah membaca Fangirl, walau belum menamatkannya, saya langsung menyukai tulisan penulis. Karena kover buku ini yang lebih menarik membuat saya lebih dulu menamatkan buku ini daripada Fangirl.
            Novel ini bercerita mengenai dua remaja yang bertemu dan berkenalan di bus. Cukup unik, menurutku. Dari awal pertemuan aneh mereka berdua, aksi saling diam, aksi saling curi baca komik bareng, dan sampai saat mereka berdua mulai mengobrol dan jatuh cinta. Saya menyukai bagaimana hubungan Eleanor dan Park dibangun. Terasa alami. Perasaan mereka berdua semakin kuat seiring berjalannya waktu. Park yang awalnya sama sekali tidak tertarik dengan seorang murid pindahan berambut merah. Dan Eleanor yang sama sekali tidak tertarik dengan seorang murid asia yang bodoh. Dari awal hubungan mereka berdua memang aneh. Dari keanehan inilah semakin membuat kisah mereka berdua menarik.
            Saya sangat menyukai Park. Park adalah tokoh yang akan mudah sekali untuk dicintai oleh pembaca. Park keturunan orang asia. Ibu Park berasal dari Korea Selatan. Park selalu merasa bahwa dirinya berbeda. Jelas, karena Park mewarisi fisik asia yang berbeda sekali dengan orang Amerika. Park merasa minder dan akhirnya menutup diri. Sampai ketika Eleanor datang. Park mulai sedikit demi sedikit mencintai dirinya sendiri.
            Bukannya saya tidak menyukai Eleanor, tapi entahlah. Bagi saya tokoh Eleanor biasa saja. Walau memang saya sangat salut alasan Eleanor terpaksa bergaya nyentrik karena masalah di rumahnya. Eleanor kuat.
            Begitu menamatkan buku ini yang ada di pikiran saya adalah sekuel buku ini. Serius, saya sangat butuh buku ini ada sekuelnya. Sayangnya buku ini tidak memiliki sekuel. Makanya sempet membuat saya kesal. Dari segi terjemahan saya tidak memiliki kesulitan dalam mencerna tiap kalimat yang ada di buku ini. Syukurlah saya baru membaca buku ini sekarang. Saya dengar edisi lama buku kurang bagus hasil terjemahannya.
            Dan, saya tidak tahu ini merupakan perubahan juga. Di dalam buku ini menggunakan font sama seperti warna kover bukunya, biru. Saya merasa kagok dengan tulisan buku yang menggunakan warna biru. Mata saya terbiasa dengan menggunakan warna hitam jadi agak mengganggu untuk saya pribadi. Yah, walau sebenarnya tidak terlalu menggangu seandainya warna yang dipilih biru tua mungkin menjadi tulisan lebi enakan dibaca karena warnya lebih tajam. Saya belum sempat untuk memfoto tulisan di dalam novel ini.
            Buku ini saya rekomendasikan untuk para penggemar tulisan Rainbow Rowell. Karena bagi saya pecinta terjemahan saya sangat menikmati cerita manis tentang Park yang jatuh cinta pada Eleanor. Selamat membaca.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan segan buat ngasih komen ya :)

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com