Minggu, 31 Juli 2016

[Review] Bitterballen Love

0


Judul : Bitterballen Love
Pengarang : Alana Izarra
Tahun Terbit : Cetakan I, Mei 2015
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 184 hal
Kategori : Romance, Teenlit
Harga : Rp. 45.000,-
ISBN : 978-602-03-1578-2
Rating : 3/5
Bisa dibaca secara gratis melalui aplikasi @iJakarta

            Hidup Aliya berubah drastis sejak ayahnya dipenjara karena kasus korupsi. Ia, Mama, dan adiknya harus pindah karena rumah mereka disita, membuat Aliya sangat membenci papanya.
Demi menghindari teman-teman SMP yang mengetahui masa lalunya, Aliya sengaja memilih SMA nonfavorit. Ia menekuni hobi memasak dengan berjualan bitterballen di kantin sekolah. Celakanya, di SMA itu ia justru bertemu Danur, cowok idola satu sekolah yang justru mengejarnya setengah mati. Aliya juga harus menghadapi Vanya, “kuntilanak” paling cantik dan kaya di SMA Bhuana, yang juga menyukai Danur.
Bagaimana Aliya yang memendam marah pada Papa, menanam benci pada Danur, menghindari iri Vanya, serta mengembangkan usaha risoles dan bitterballen, bisa keluar dari kemelut hidup remajanya? Benarkah penyebab dari kesulitannya adalah keluarga Danur?


********

            Aliya harus merelakan semua kehidupan ketika orangtuanya masih bergelimangan harta. Kasus koruspsi yang melibatkan ayahnya membuat kehidupan Aliya berubah total. Aliya bahkan ikut membantu ibunya dengan berjualan makanan di sekolahnya. Dagangan Aliya selalu habis terjual. Teman-teman Aliya bilang masakan Aliya sangat enak. Walau Aliya harus berhenti jualan karena peraturan sekolah melarang muridnya berjualan. Namun, Aliya tidak putus asa. Atas saran wali kelasnya, Aliya mulai menitipkan makanan yang dibuatnya di kantin. Dan, tanpa disangka jualan Aliya sangat digemari para penghuni SMA Bhuana. Dari sinilah jalan Aliya semakin lebar untuk menjadi pengusaha muda.
            Lambat laun hubungan Aliya dengan ayahnya pun mulai membaik. Dan, kebencian Aliya pun surut ketika cowok yang dulu pernah dekat dengan dirinya pantang menyerah untuk meminta maaf pada Aliya.
            Novel ini sangat inspiratif. Tentang perjuangan Aliya. Aliya yang tidak patah semangat pada keadaan. Aliya yang tidak terpuruk ketika ayahnya harus di penjara gara-gara kasus korupsi. Malah Aliya menjadi gadis mandiri yang punya penghasilan sendiri. Dengan membuka usaha katering. Aliya membuat bangga kedua orangtuanya. Kesusahan tidak membuat Aliya patah semangat.
            Dalam novel ini pun diselipi resep-resep masakan yang dibuat Aliya. Saya sih sebenarnya penasaran kepengin mencoba, cuman bahan-bahannya susah didapat dan mahal-mahal. Saya keburu malas. lol
            Secara kesuluruhan novel ini menarik. Bukan menjadi favorit, tapi masih layak menjadi bacaan ringan yang menginspiratif. Selamat membaca.



0 komentar:

Posting Komentar

Jangan segan buat ngasih komen ya :)

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com