Minggu, 31 Juli 2016

[Review] X-Kenangan yang berpulang

0

Judul : X-Kenangan yang berpulang
Pengarang : Devania Annesya
Tahun Terbit : Cetakan I, Februari 2014
Penerbit : PT Grasindo
Jumlah Halaman : 240 hal
Kategori : Romance Dewasa
Harga : Rp. 45.000,-
ISBN : 978-602-251-465-7
Rating : 3.5/5
Bisa dibaca secara gratis melalui aplikasi @iJakarta

            Andra menengadah dan ia menggunakan tatapan mata teduhnya untuk melunakkan hati Ariel.
"Aku hanya baru sadar kalau aku begitu mencintaimu dan tidak bisa melepaskanmu."
"Kau tahu kan aku tidak percaya cinta? Jadi jangan gunakan alasan itu." balas Ariel ketus.
"Aku membutuhkanmu."
Ariel mengatupkan rahangnya erat-erat.
"Lalu kau di mana saat aku membutuhkanmu?"
***


Tujuh tahun sejak terakhir Ariel Narinta bertemu dengan Andra Anggara-pria cinta pertamanya. Ariel sudah "hampir" bisa menjalani hidupnya dengan normal. Ia sudah baik-baik saja.
Namun laki-laki itu kembali muncul dalam hidup Ariel, sebagai atasannya. Ia muncul dan memaksanya kembali menoleh ke belakang. Kembali menatap kenangan yang sangat ingin ia lupakan. Bagi Ariel, Andra adalah pelajaran terpahit dalam hidupnya. Darinya, Ariel belajar untuk tidak pernah mempercayai siapa pun.
Tuhan sekalipun.

************

            Alasan saya ingin membaca novel ini adalah karena dulu pernah membaca review teman sesama BBI yang bilang kalau novel ini bagus. Akhirnya saya memutuskan untuk baca. Walau jujur saya sangat tidak menyukai kover ini. saya tidak pernah bisa menyukai kover-kover novel terbitan Grasindo yang terkadang aneh-aneh. Walau ada beberapa yang bilang kover buku ini cantik. Yang bisa saya bilang hanya, seriously?
            Ok, mari kita bahas isi novelnya.
            Buku ini menceritakan tentang Ariel yang dipaksa bekerja menjadi legal advisor di perusahaan Andra Anggara. Yang tak lain dan bukan mantan kekasih yang sangat ingin dilupakan oleh Ariel. Bagi Ariel, Andra adalah masa lalu yang kelam. Dari sini saya super penasaran dengan masa lalu Ariel dan Andra. Bisa-bisanya pasangan yang digaungkan sebagai pasangan sempurna ketika SMA harus berakhir. Akhir yang tidak baik pula. Melalui alur maju-mundur akhirnya saya pun bisa tahu apa sebenarnya masa lalu mereka berdua.
            Seandainya novel ini hanya berkisah tentang pengungkapan masa lalu Ariel dan Andra, saya nggak akan sanggup menamatkan buku ini. Ada hal lain yang membuat saya lebih penasaran. Sudah tahu mereka berdua ini saling benci dan tidak ada tanda untuk berbaikan, tiba-tiba Ariel menerima lamaran Andra. Sinting, kan?
            Makanya saya harus jujur, sampai akhir membaca kisah Ariel dan Andra sangat memuaskan. Ada bagian-bagian tertentu yang membuat saya emosional. Dan, puncaknya akhir yang dipilih penulis.
            Walau begitu gaya penulisan buku ini sangat mengganggu bagi saya. Terkadang saya merasa bahwa tulisan penulis begitu enak untuk dibaca, tapi ada kalanya tidak. Saya tidak pernah ada masalah dengan gaya bercerita yang memakai bahasa semi-formal. Asal nyaman untuk dibaca, sah-sah saja. Sayangnya tidak untuk novel ini. Saya benci sekali dengan kalimat-kalimat yang dirangkai penulis yang begitu tidak teratur. Saya gatal sekali ingin mengedit semuanya. Hampir sepanjang novel ini bisa dikatakan ditulis dengan gaya bahasa yang berantakan. Contohnya saja dalam pemakaian kata kau-kamu. Please, kayaknya lebih enak kalau dalam suatu kalimat memilih antara kamu atau kau. Rasanya penulis sulit sekali memutuskan untuk memilih kata kau atau kamu ini. Setidaknya saya ingin kekonsistenan. Sangat disayangkan. Padahal novel ini harusnya bisa lebih baik lagi.
            Yah, walau sebenarnya gaya bahasa model begini sangat anti saya baca, entah kenapa pada akhirnya saya sangat menyukai novel ini. Dan, sudah dipastikan saya sangat merekomendasikan buku ini untuk dibaca. Ada sesuatu yang manis dan mengejutkan di akhir buku ini yang (mungkin) membuat saya bertahan membaca novel ini. Selamat membaca.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan segan buat ngasih komen ya :)

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com