Minggu, 30 Oktober 2016

[Review] Homeless

0



Judul : Homeless
Pengarang : Zachira
Penerbit : Grasindo
Tahun Terbit : Cetakan pertama, September 2015
ISBN : 978-602-375-170-9
Tebal : xvii bab – 186 halaman
Bisa dibaca secara gratis melalui aplikasi perpus online iJakarta


Sara sadar benar, rangkaian pilihan hidupnya sudah ditetapkan oleh Appa untuk mendampingi Yoo-Rim, kakak tirinya yang terobsesi menjadi bintang tenar di Korea.
Hanya saja Appa tidak tahu bahwa Yoo-Rim tidak pernah menginginkan Sara di dekatnya. Termasuk keinginan Yoo-Rim yang sering kali meminta Sara tidur di tempat lain selain di rumah.
Hingga suatu hari, setelah kembali ke rumah, Sara menemukan Yoo-Rim sudah tidak bernyawa karena overdosis pil antidepresan. Yoo-Rim mati bunuh diri dan Appa menuduh Sara sebagai adik yang tidak bertanggung jawab hingga Sara pun pergi dari rumah.
Dalam semalam, definisi 'ruma h' bagi Sara sudah menjadi sedemikian absurd. 'Rumah' baginya adalah base camp klub panjat dinding di kampusnya, sleeping bag, jjimjilbang, dan selimut milik Jae-Hoon, pemuda musisi yang ditemuinya di sauna. Hingga Sara pun menemukan kenyamanan pada sosok Yeong-Jun Sunbae, seniornya.
Sampai kapan pencarian 'rumah' bagi Sara akan berakhir? Berhasilkah Sara menemukan penyebab kematian Yoo-Rim?

******

Sesuai judul buku ininsang tokoh utama Sar tidak punya tempat tinggal. Selama kuliah Sara menumpang di rumah kakak tirinya Yoo-Rim. Karena menumpang Sara tidak bisa protes ketika Yoo-Rim menyuruh dirinya untuk mengungsi. Ada kalanya Yoo-Rim kedatangan tamu penting yang mengharuskan Sara mengungsi. Hingga suatu hari ketika Sara pergi kejadian malang menimpa Yoo-Rim. Tanpa sengaja Sara menemukan Yoo-Rim sudah tidak bernyawa. Sungguh malang nasib Sara ketika Ayah tirinya menuduh Sara yang menjadi sebab bunuh diri Yoo-Rim. Karena itu Sara diminta pergi dari kehidupan keluarga tirinya. Semakin lengkap kemalangan Sara ketika ibunya sendiri tidak membela dirinya sama sekali.
Dari awal saya sudah simpati dengan kehidupan Sara. Sara digambarkan sebagai orang Indonesia asli yang kemudian pindah ke Korea Selatan ketika ibunya menikah dengan pria Korea. Kehidupan Sara secara finansial memang menjadi lebih baik. Tapi hubungan Sara dengan keluarga tirinya tidak. Kakak tiri Sara menganggap Sara sebagai parasit. Tidak pernah sekalipun Yoo-Rim mau dekat dengan Sara.
Walau Sara sangat kesepian saya menyukai Sara yang tegar dan mandiri. Walaupun saat ini Sara tidak punya tempat tinggal Sara tidak pernah menyerah. Hingga pertemuaannya dengan Jae-Hoon mengubah segalanya. Sara mulai memikirkan ulang mengapa Yoo-Rim yang penug percaya diri harus bunuh diri. Sara berusaha untuk menguak misteri dibalik kematian Yoo-Rim.
Selain ada Jae-Hoon, pria yang dekat Sara adalah Yeong-Jun. Senior Sara di kampus. Yeong-Jun juga mendapat peran penting dalam membantu Sara setelah insiden kematian Yoo-Rim.
Nah, siapakah yang akan dipilih Sara? Jae-Hoon atau Yeong-Jun? Jangan lewatkan kisah Sara di buku Homeless ini. Selamat membaca.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan segan buat ngasih komen ya :)

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com