Sabtu, 31 Desember 2016

[Review] I Love Homeshcooling

0



Judul : I Love Homeshcooling
Penulis : Indah Hanaco
Penerbit : GPU
Tahun Terbit : Cetakan I, Februari 2012
Tebal : 188 Halaman
ISBN : 9789792279245
Genre : Nonfiksi, Pendidikan


Dunia adalah sekolah. Semua anak bisa belajar di mana pun.

- Apa itu homeschooling?

- Bagaimana sih cara belajarnya?

- Bagaimana cara orangtua membantu anaknya dalam menjalankan program homeschooling?

- Anak saya “bermasalah” dengan sekolahnya. Apakah dia sebaiknya menjalani homeschooling?

- Bagaimana kalau anak mau melanjutkan belajar di sekolah dan universitas umum? Apakah ijazahnya diakui?

- Benarkah anak yang menjalani homeschooling menjadi anak yang kuper dan tidak bisa bermain dengan teman-teman sebayanya?

Semua pertanyaan di atas dibahas dengan lengkap dan tuntas di dalam buku ini. Berdasarkan pengalamannya sendiri, Penulis mencoba menjelaskan dan menelaah segala sesuatu mengenai homeschooling—termasuk kekurangan dan kesulitannya—dengan bahasa yang lincah dan lancar. Contoh-contoh materi pelajaran dan cara mengajarkannya kepada anak juga disertakan sehingga akan sangat membantu pembacanya lebih memahami arti homeschooling.

*****

Sama seperti kebanyakan orang, saya pun hanya sekedar tahu arti dari home schooling. Sekolah di rumah. Yang biasanya dilakukan oleh para selebritis yang tidak mempunyai waktu untuk pergi ke sekolah formal.
Tanggapan-tanggapan negatif pun memang belum lepas dari home schooling (HC). Hanya karena manusia itu tidak suka perbedaan dan puna hobi menghakimi segala hal tentang apa pun yang berbeda. Melalui buku ini mata saya terbuka lebar mengapa alasan orangtua lebih memilih HC untuk anaknya.
Buku ini bukan berisi hal-hal menggurui tentang HC. Penulis lebih memilih untuk membagi pengalamannya selama ini tentang HC. Bagaimana putranya meminta HC dibanding sekolah formal karena hal yang mungkin sepele, sang anak merasa tertekan. Banyak sekali yang saya pikirkan setelah membaca buku ini. Dan saya pun mulai bertanya-tanya akan seperti apa pilihan saya nanti, setelah anak saya sudah cukup umur dan harus sekolah. Yah, walau saat ini memang saya belum berkeluarga, entah kenapa membuat saya kepikiran.
Buku ini sangat bagus, membuka wawasan kita tentang HC. Pembeberan keuntungan dan kerugian akan sangat membantu untuk yang ingin lebih mengetahui tentang HC.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan segan buat ngasih komen ya :)

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com