Minggu, 01 Januari 2017

[Wrap Up] Indonesian Romance Reading Challenge 2016

1









Alhamdulillah selama setahun kemarin saya memutuskan untuk mengikuti Indonesia Romance Reading Challenge yang diselenggarakan oleh Rizky Mirgawati @Ky's Book Journal. Banyak sekali pengalaman yang saya dapat selama mengikuti Tantangan Baca ini. Sejujurnya seandainya saya tidak mengikuti tantangan ini saya boro-boro akan membaca tulisan penulis lokal. Bukannya sombong atau apa, daftar genre kesukaan saya saat ini fantasi terjemahan, novel lokal belum ada di daftar bacaan. 
Banyak sekali penulis-penulis lokal yang mulai menjadi favorit saya, genre bacaan domestic romance yang awalnya sangat anti saya baca, sedikit demi sedikit saya mulai menyukainya. Walau tetap bukan genre favorit saya. Saya bersyukur bisa mengikuti tantangan baca ini.
Di awal saya menetapkan target membaca dengan level Maniac : Membaca lebih dari 30 buku. Yah, memang sudah niat saya untuk membaca buku lokal sebanyak-banyaknya. Dan, sampai akhir tahun 2016 kemarin, alhamdulillah saya sudah mencapai target yang diinginkan, malah lebih. Walau ada kalanya saya merasa tertekan ketika membaca buku-buku terbitan lokal, saya merasa semuanya masih sebanding dengan penemuan-penemuan cerita-cerita romance yang bagus.
Dan, jumlah total novel romance lokal yang saya baca adalah 146 buah. Asli, saya tidak pernah menyangka akan bisa membaca buku >100 dalam 1 tahun. Hal yang sangat luar biasa bagi saya yang selalu malas dan merasa sok sibuk ini. Walau saya agak kecewa karena kurang 4 buku lagi demi menggenapi angka menjadi 150 buku, tetap saja ini masih merupakan prestasi luar biasa yang bisa saya capai!
Semoga di tahun 2017 ini bakalan ada lagi yang menyelenggarakan tantangan baca ini. Biar saya bisa termotivasi lagi dan bisa bersenang-senang menemukan harta karun di antara ribuan novel-novel romance lokal yang sudah diterbitkan. :)

Berikut daftar bacaan novel romance lokal yang sudah saya baca :

1. Januari ( 9 Buku )
- Morning Breeze - Viera Fitani

2. Februari ( 5 Buku )
7 Hari Menembus Waktu - Charon
Heartling - Indah Hanaco
New York After The Rain - Vira Safitri

3. Maret ( 9 Buku )
She - Windhy Puspitadewi
(S) He is My Girl - Chynthia Yanetha
L - Kristy Nelwan
Memutar Ulang Waktu - Gabrielle Chandra
Perfect Purple - Indah Hanaco
Sweet Winter - Kezia Evi Wiadji

4. April ( 2 Buku )
Hey! You! - Pelangi Tri Sakti
Insya Allah, Sah! - Archi TM

5. Mei ( 3 Buku )
- 21 by Orizuka
- 4/4 by Orizuka
- My Better Half by Indah Hanaco

6. Juni ( 5 Buku )
- A Wedding After Story - Merry Maeta Sari
- Dia Tanpa Aku - Esti Kinasih
- Smash! - Nonier
- Les Masques - Indah Hanaco
- Ally—All These Lives - Arleen A.

7. Juli ( 16 Buku )
- A Scent of Love in London - Indah Hanaco
- Rainbow of You - Indah Hanaco
- Kata Dalam Kotak Kaca - Pia Devina
- Slyvia's Letter - Miranda Malonka
- Katarsis - Anastasia Aemilia
- Maharesa -  Maureen Theodora
- X-Kenangan yang berpulang - Devania Annesya
- Jack and Melly - Anna Anderson
- Melody and Mars - Mia Arsjad
- Hijabers in Love - Oka Aurora
- All You Need is Love - Fakhrisina Amalia
- Bitterballon Love - Alana Izzara
- LDR L’Eternita di Roma (LDR Series)-Cassandra Massardi dan Silvarani
- LDR 2 L’Amore di Romeo (LDR Series)-Cassandra Massardi dan Silvarani 
- Pay It Forward - Emma Grace 
- Strawberry Ice Cream and You-Anisa Maryanti

8. Agustus ( 4 Buku )
- Dirty Little Secret - aliaZalea
- 3600 Detik - Charon
- You Had Me at “Hello” - Indah Hanaco
- Love Bites - Edith PS

9. September (18 Buku)
- Pulang - Leila S. Chudori
- Bali To Remember - Erlin Cahyadi
- Perfect Valentine - Erlin Cahyadi
- Stand by Me - Indah Hanaco
- After Sunset - Indah Hanaco
- Jodoh Terakhir - Netty Virgiantini
- Just Another Birthday - Rina Suryakusuma
- Love in Edinburgh - Indah Hanaco
- Love in Blue City - Irene Dyah
- 17 Years of Love Song - Orizuka
- Me and My Prince Charming - Orizuka
- High School Paradise Golden Goal - Orizuka
- Fight For Love - Orizuka
- O2 - Orizuka
- Touché - Windhy Puspitadewi
- Touché : Alchemist - Windhy Puspitadewi
- Flavia De Angela - Lea Agustina Citra
- Flavia Fights Back - Lea Agustina Citra

10. Oktober ( 26 Buku )
- Flat Shoes Oppa - Citra Novy
- Tuhan Untuk Jemima - Indah Hanaco
- Mimpi Padma - Ayu Dipta Kirana
- Insecure - Seplia
- Evergreen - Prisca Prismasari
- Someone to Remember - Nathalia Theodora
- Rainy’s Days - Fita Chakra
- Inseparable - Laili Muttamimah
- Telaga Rindu - Netty Virgiantini
- Lho, Kembar Kok Beda? - Netty Virgiantini
- Kembar Dizigot - Netty Virgiantini
- Postcard from Neverland - Rina Suryakusuma
- Cupcake Love Story - Agustina Sugianto
- Honesty - Mitha Juniar dan Ari Keling
- You, Me, & 1000 Paper Cranes - Valerie Aurellia
- Stalker - Donna Widjajanto
- Bukan Cinderella - Ifa Avianty
- In The Lime Light- Valerie Aurellia
- Love At The Rooftop - Hana Sutresno
- CallaSun - Yuli Pritania
- Jurnalis Idola - Rara Indah NN
- Seven Wishes of My Youth- Valerie Aurellia
- Dearest - Zachira
- Homeless- Zachira
- Denting Lara - K. Fischer
- Bersamamu - Sienta Sasika Novel

11. November (37 Buku)
- My Bittersweet Marriage - Ika Vihara
- Sapphirium, I'm in Love - Amelia
- Wedding Strom - Zachira
- Cinta 4 Sisi - Indah Hanaco
- Kedai Bianglala - Anggun Prameswari
- Ketika Hujan - Orina Fazrina
- Love is End - Christina Tirta
- Unperfect Marriage - Merry Maeta Sari
- (Me)mories - Nay Sharaya
- Strawberry Cheesecake - Ayuwidya
- Long Distance Bride - Pio Andre
- Return - Elvira Natali
- Malam Karnaval Berdarah - Lexie Xu
- Kutukan Hantu Opera - Lexie Xu
- Sang Pengkhianat - Lexie Xu
- Typo - Chistian Simamora
- Morning, Noon, & Night - Yuli Pritania
- Dilemmalogical - Ullan Pralihanta
- Take Off My Red Shoes - Nay Sharaya
- A Life - Silvia Arnie
- Déessert - Elsa Puspita
- Sonnenblume - Ary Yulistiana
- My Possessive Prince - Lovya Diany
- Dan Kamu - Lia El Muslich
- I've Found You - Santia Inda O.
- Marriage Disaster - Ayra
- Taman Pasir - Sintia Astarina
- Garden Magic - Mita Miranti
- Perfect Wedding - Putu Felisia, Catz Link Tristan, Achi Narahashi
- 1/6 - Flazia
- Just In Love - Dian Nafi
- Jejak Hujan - Hary B. Koriun
- Requiem Musim Gugur - Y. Agusta Akhir
- Love In Pompeii - Indah Hanaco
- Saujana Cinta- Indah Hanaco
- Target Terakhir - Lexie Xu
- Ratu Preman - Primadonna Angel dan Alexandra Xu

12. Desember (12 Buku)
- Tiga Cara Mencinta - Irene Dyah Respati
- Love In Adelaide - Arumi Ekowati
- Love In Sydney - Arumi Ekowati
- Love In Montreal - Arumi Ekowati
- Crazy Little Thing Called Love - Indah Hanaco
- Rahasia Tergelap - Lexie Xu
- To Be With You - Indah Hanaco
- Love Me Again - Indah Hanaco
- Love In Kyoto - Silvarani
- Out Of The Blue - Indah Hanaco
- Love In City Of Angels - Irene Dyah
- 7 Detik - Primadonna Angela












1 komentar:

Jangan segan buat ngasih komen ya :)

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com